Aisyah kesulitan mengingat huruf G. Sudah lama saya perkenalkan huruf G dia masih belum bisa mengingat bentuknya atau menemukannya diantara deretan huruf-huruf lain. Kemudian saya mencoba memperkenalkan huruf G melalui lapbook. Aisyah memang tipe pembelajar kinestetik yang perlu belajar dengan cara melakukan hands on activities untuk mepelajari sesuatu tidak seperti Rafif yang bisa belajar hanya dengan melihat bendanya saja. Lapbook ini dikerjakan bersamaan dengan Rafif mengerjakan
lapbook tanaman. Dan seperti inilah hasil lapbook huruf G Aisyah yang sukses mengantarkannya mengenal huruf G.
Untuk halaman depannya saya membuat huruf G besar dan kecil yang kemudian digunting Aisyah dan ditaburi Glitter. Kebetulan glitter juga dimulai dengan huruf G. Dibagian dalamnyya ada lembar mewarnai berbentuk gajah. Kemudian ada kantung kertas yang berisikan puzzle gurita. Puzzle ini saya dapatkan dengan cara menempelkan gambar gurita yang cukup besar di karton kemudian digunting menjadi beberapa bagian. Disamping kantung isi puzzle ada kantung kecil berisikan beberapa gambar anak gajah. Gamabr anak gajah ini bisa digunakan untuk berhitung. Disebelahnya ada lembar dot to dot berbentuk lapangan golf yang terdiri dari beberapa hole. Jika lembar dot to dot itu diangkat maka terdapat lembar latihan menulis huruf G. Terakhir ada gambar hasil karya Aisyah dengan tulisan gambar. Gambar juga sesuai dengan huruf G karena dimulai dengan huruf G.
 |
Bagian depan |
 |
Gambar gajah dan Puzzle gurita |
 |
Lembar dot to dot |
 |
Lembar menulis |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar