Sabtu, 02 April 2011

Asmaul Husna

Tak kenal maka tak sayang. Oleh karena itu saya ingin mengenalkan anak-anak dengan Asmaul Husna - 99 Nama Allah yang indah agar mereka semakin sayang dan mencintai Allah. Sumber pertama kami belajar Asmaul Husna adalah melalui buku terbitan Al Kautsar for kids. Judul bukunya 99 nama dan sifat Allah mengenal Asma'ul Husna dengan cerita berima   penulis Aan Wulandari ilustrator Mantox Studio. Buku dengan hardcover ini memuat 99 nama Allah disertai dengan penjelasan mengenai sifat tersebut. Penjelasannya dibuat berima dan sederhana sehingga mudah di pahami anak. Selain itu disetiap gambar juga disertai dengan tips akhlak, adab dan perbuatan baik.

Ketika Rafif dan Aisyah sedang makan atau santai saya membacakan satu halaman yang berisi satu asma'ul husna  dalam bahasa arab, indonesia dan inggris. Kemudian  kita bersama-sama  berdiskusi mengenai nama tersebut dan apilkasi dalam hidup sehari-hari. Misalkan ketika membahas Quddus yang berarti Allah maha sempurna saya jelaskan bahwa wajar manusia itu membuat kesalahan karena cuma Allah yang tidak pernah salah. Lalu kita membahas kesalahan masing-masing, apa yang harus diperbuat ketika berbuat salah, dan saling memaafkan ketika ada yang berbuat salah. Aisyah minta jika ada yang berbuat kesalahan dipeluk seperti yang dia lihat dibuku Barney Pelukan Kasih Sayang.

Bagian dalam buku

Bagian luar buku


Setelah itu Aisyah mewarnai nama-nama Allah yang saya print dari Easel & Ink yang ditempelkan ke dinding kaar kami. Kebetulan dinding kamar kami salah satu sisinya dilapisi keramik sehingga anak-anak bisa menempelkan apa saja tanpa merusak dinding.

Asma'ul husna yang ditempel di dinding


Rafif dan Aisya juga saya sediakan gambar tabung untuk diwarnai sebagai penanda jumlah asma'ul husna yang telah mereka pelajari. Gambar tabung ini saya dapatkan dari Islamic Bulletin Board. Sumber belajar mengenai asmaul husna bisa didapatkan secara lengkap di TJ Islamic Studies lengkap dengan Lesson Page dan Lapbook. Untuk nasyid Asmau'ul Husna juga bisa didapatkan dengan berbagai versi di Youtube.

Tabung Asma'ul Husna

Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...