Selasa, 02 Agustus 2011

Tantangan 30 Hari Klub Oase

Selama bulan Ramadhan Klub Oase menantang para orang tua untuk mendokumentasikan kegiatan anak dan menguploadnya di Facebook. Setiap orangtua akan berhasil menjadi pemenang jika berhasil sharing foto kegiatan anak salama 30 hari. Keterangan lebih detil silahkan klik disini.




Saya langsung bersemangat ikut tantangan ini. sudah beberapa bulan saya kembali lagi vakum nulis di blog. Bukan karena anak-anak berhenti homeschooling, atau sayanya yang super sibuk. Malas alasan sebenarnya. Padahal banyak kegiatan anak-anak yang bisa disharing disini. Tantangan Klub Oase sekaligus menjadi motivasi saya untuk menjaga blog ini untuk di update secara kontinyu. Selama 30 hari dibulan Ramadhan saya tidak hanya mengupload kegiatan anak-anak via Facebook tapi juga akan menuliskannya di blog. Ramadhan tidak berarti lemas dan tidur-tiduran tapi Ramadhan harus produktif.


Kegiatan hari 1 dimulai dengan membuat gambar pohon diatas karton putih dengan krayon. Setelah itu Rafif mencari daun-daun dihalaman. Daun-daun tersebut diletakan dibalik kertas putih lalu kertas tersebut diarsir tepat diatas daun sehingga muncul pola daun di atas kertas. kemudian daun kertas tersebut di gunting dan ditempel dibatang pohon. Pada setiap lembar daun tersebut Rafif bisa menuliskan perbuatan baik apa yang dialakukan selama bulan Ramdhan. Saya menamakan pohon tersebut Pohon Kebaikan Ramadhan.


Di Aceh sekolah libur selama bulan Ramadhan, jadi teman-teman Rafif datang ke rumah untuk bermain. Lalu saya berinisiatif untuk mengajak mereka bermain sambil belajar. Saya memberikan gambar berbagai macam bentuk geometri, lalu saya minta mereka untuk mengelompokkannya berdasarkan jumlah sudut yang dimiliki.


Setelah mereka berhasil mengelompokkan semua gambar dengan benar, lalu saya minta lagi mereka untuk memilih gambar salah satu bentuk geometri secara acak, dan meminta mereka untuk membuat gambar dengan sudut yang sama, tapi bentuk yang berbeda. Hasilnya, seperti gambar di bawah ini. Gambar yang aslinya (warna hitam) mempunyai dua sudut, kemudian mereka gambar bentuk lain, tetap dengan dua sudut tapi dengan bentuk yang berbeda (warna merah).

Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...