Kamis, 27 November 2008

Mainan Flannel

 

Media belajar anak bisa kita buat sendiri dengan mudah dan relatif murah. Bahannya bisa dari kardus bekas ataupun dari kain flannel. Salah satu karakterisitik dari kain flannel adalah bisa menempel satu sama lain. Sehingga semua bentuk yang kita buat bisa kita tempel dan kemudian dicopot kembali dengan mudah di sebuah papan atau karton yang sudah kita lapisi dengan kain flanel lain.


Saya mempunyai banyak koleksi mainan dari kain flannel tiga diantaranya seperti yang tampak pada foto. Untuk polanya bisa didapatkan dari internet ataupun buku bekas mewarnai. Mainan flannel pohon apel bisa digunakan untuk belajar menghitung, penambahan ataupun pengurangan dengan mencopot atau menempelkan buah apel di pohonnya.

Anak juga bisa lebih mengenal tugas dari pemadam kebakaran serta alat-alat yang diperlukan dengan mainan flannel pemadam kebakaran, sebagai referensi lanjutan bisa membaca salah satu buku di Lookybook ini

Mau pura-pura julan eskrim juga bisa. Ada berbagai macam rasa eskrim beserta topingnya yang bisa dipadu padankan sendiri. Selain itu kita juga bisa mengajak anak bermain memory game dengan cara menyusun beberapa jenis eskrim diatas conenya. Kemudian susunan itu di bongkar dan anak diajak untuk menyususn kemabali dengan sama persis seperti sebelumnya. Ini akan membuat anak berlatih untuk mengingat urutan tertentu.

Mainan flannel ini juga sangat membantu anak meningkatkan kemampuan bahasanya karena anak bisa menciptakan berbagai cerita dari berbagai pola mainan flannel. Jika anda tertarik bisa mencoba membuat sendiri dirumah, Insya Allah anak pasti akan senang bermain bongkar pasang flannel ini.

Jika kesulitan mendapat flannel atau tidak punya waktu untuk membuat sendiri mainan flannel bisa menghubungi saya dengan meninggalkan komentar di blog ini atau email ke umirafif@yahoo.com.sg. Selain gambar diatas saya juga punya koleksi binatang peternakan, pizza, rumah dan kendaraan.

Posted by Picasa

Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...