Jumat, 25 Desember 2009

Full Time Mother

Seorang teman pernah bertanya kepada saya. Apakah saya pernah bosan menjadi Full Time Mother. Jawaban adalah saya pernah bosan, bahkan bosan sekali. Rasanya hidup tidak sedinamis waktu saya kuliah atau kerja dulu. Rasanya saya seperti robot melakukan pekerjaan yang sama setiap hari. Memasak, menjaga anak, membersihkan rumah. Tapi semuanya berubah ketika suami saya melontarkan ide menyekolahkan Rafif dirumah. Awalnya saya sempat menolak. Menyekolahkan anak dirumah?? itu artinya saya tidak akan punya kegiatan diluar rumah. Padahal saya sudah tidak sabar menunggu Rafif masuk sekolah supaya saya punya kegiatan rutin diluar rumah dan punya teman-teman baru ketika mengantarkan Rafif sekolah nantinya.

Suami saya membujuk saya dengan mengatakan cuma sampai TK kok. Alasannya kasihan kalau terlalu kecil sudah harus sekolah dan berbagai macam alasan lain. Jurus terakhir yang dilancarkan suami saya adalah kata-kata berikut " Uminya kan lulusan reputable university pasti ngajarnya bisa lebih bagus :)". Untuk pertama kalinya sejak menikah saya merasa bahagia dengan status sarjana saya karena selama ini terkadang timbul pikiran untuk apa saya kuliah jika hanya menjadi ibu rumah tangga.

Awal Januari 2006. Tahun baru semangat baru. Saya memulai program sekolah rumah untuk Rafif ketika umurnya hampir 2 tahun. Saya mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan pendidikan anak dan homeschooling. Mulai dari baca buku, baca artikel-artikel di internet sampai dengan mengikuti berbagai seminar atau pelatihan pendidikan anak diberbagai kesempatan. Hidup saya kembali berwarna. Saya seperti anak ABG yang baru lulus SMA dan menikmati masa awal kuliah.

Lewat internet pula saya menemukan alamat rumah Bu Yayah Komariah pendiri Berkemas. Saya datang kerumahnya dan berniat mendaftarkan Rafif masuk Berkemas. Awalnya Bu Yayah menolak karena belum ada anak usia playgroup yang mendaftar. Hanya saja saya berkeras dan menyakinkan Bu Yayah bahwa saya tidak akan merepotkan Bu Yayah dengan urusan pengajaran Rafif. Saya akan mengajar sendiri. Sekarang saya dan bu Yayah bersahabat lewat bu Yayah saya semakin banyak mendapatkan ilmu mengenai mendidik anak. Saya diajak beliau ke setiap acara parenting, dikenalkan dengan para pendidik seperti Neno Warisman dan Erry Soekresno.

Sekarang kebosanan menjadi ibu rumah tangga sudah menguap. Saya menganggap ini sebuah karir juga dan saya berusaha profesional didalam mengelola rumah dan anak-anak saya. Saya masih terus belajar supaya jenjang karir saya semakin tinggi walupun tidak ada saingan sama sekali. Dulu saya bosan karena tidak menghargai profesi saya. Dan hanya bekerja seadanya saja.

Walaupun saya tidak menghasilkan tambahan uang untuk rumah tangga seperti ibu-ibu pekerja lainnya tapi saya yakin saya menghemat pengeluaran dalam jumlah yang cukup besar.
Dengan menjadi full time mother dan homeschooling ini yang bisa kami hemat :
- Biaya Transport dan makan siang saya ke kantor
- Biaya Sekolah, Transport, Seragam dan makan siang semua anak
- Biaya les matematika, membaca, cooking class dan bahasa inggris untuk semua anak

Saya tidak tahu berapa nilai dari semua biaya tersebut. Yang pasti kedekatan saya dengan anak-anak tak ternilai: Priceless.


13 komentar:

Anonim mengatakan...

" Uminya kan lulusan reputable university pasti ngajarnya bisa lebih bagus :)" <<<--- Iya mbak umminya khan luluc reputable university :)

indah mengatakan...

hebattt.. saya jg berencana untuk menjadi FTM niy ..insyaallah segera terencana ..

The Spiral Eyes mengatakan...

ayatnya bagus sekali

salam kenalan dari Malaysia

Anonim mengatakan...

tertarik dengan artikel anda... keep moving on homeschooling yarr...

MSOM mengatakan...

Ini ibu yang gemilang dong! Usah bosan-bosan ah...kan itu kehidupan kamu ?

role playing mom mengatakan...

Asslmualaikum ummi, subhanallah senang sekali saya menemukan blog ini. Kemarin saya mencari sesuatu digoogle, lalu coba2 main keblog ini, ternyata banyak sekali ilmu yg bisa saya dapat disini.
Saya mau tanya kalau mau meng"HS"-kan anak step2 apa yg harus kita lakukan (kebetulan anak kedua saya berumur 19bln saya jadi semangat mau mengajari ia dirumah setelah membaca blog ummi.
Jangan bosan menulis ya ummi,,insyaallah saya akan rajin mengunjungi blognya (oya, sudah saya lahap abis loo arsipnya dari awal, hehe)
Can't wait too read your newest story...wass

Winy mengatakan...

assalamualaikum.... wah, blognya menarik. pertama kali mampir nih. berkunjung ke tempat saya ya bu, buat cadangan feeding, he...:D

Membuat sebuah blog yang bagus mengatakan...

menurut kacamata saya...untuk usia anak dibawah lima tahun tak masalah jika diberikan homeschooling, namun alangkah baiknya jika anak tersebut diberikan sosialisasi si dekolah.

Land of Oase mengatakan...

I love the way you change your perspective being a mom...

Dara Maina mengatakan...

@ tarbiyatul abna : jadi malu nih bu ary, saya ga pernah terlalu perduli saya ini lulusan dari mana sebelumnya tapi ungkapan suami saya itu membuat saya berfikir ada hal yang lebih yang bisa dilakukan dangan menjadi Full Time Mother.

Dara Maina mengatakan...

@ Indah, Insya Allah pasti bisa. saya ikut mendoakan. Glowy pasti senang mamanya bisa deket mamanya terus :) btw anakmu itu lucu banget

Rizqi Amalia mengatakan...

Like Ur Written k'dara :)
wish u always be the great mother 4 ur children n the great wife 4 ur husband :)
goodluck 4 ur Homeschooling, maybe next time we can talk alot :)
sincera_kiki

fiona mengatakan...

Salam kenal mbak :) Sy merasakan apa yg mbak rasakan juga.. Dan suami sy selalu jg memberikan encouragement yg sama bhw anak2 lebih baik diajari mamanya di rumah agar anak2 tahu bhw mamanya pintar hehe.. Itu jg yg membuat sy menikmati homeschooling anak2 di rumah meski cuma di tahap preschool/pra-TK, ya krn di Indonesia memang blom familiar ya utk homeschooling.. But we agree with your family's value :)

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...