Kamis, 24 Desember 2009

Pelajaran Agama Islam

Adakah mata pelajaran agama dalam homeschooling kami? Jawabannya adalah tidak. Bagi saya agama bukan suatu mata pelajaran yang diajarkan hanya pada waktu tertentu. Bagi saya Islam adalah panduan hidup yang mengatur manusia setiap detiknya bukan hanya 2 jam dalam seminggu seperti waktu saya sekolah dulu. Saya ingin islam menyatu dalam hidup kami sekeluarga.

Saya mencoba selalu menghubungkan berbagai aspek kehidupan dengan Allah SWT. Ketika mereka mendapat makanan atau hadiah saya bilang Alhamdulillah Allah kasih kalian hadiah. Atau jika mereka menginkan sesuatu saya menganjurkan agar mereka memintanya kepada Allah yang Maha Pemberi. Ada poster yang bagus sekali yang dibuat oleh seorang homeschooling mom yang mengingatkan anak mengenai waktu-waktu yang terbaik agar doa dikabulkan. Posternya bisa dilihat disini.

Doa-doa sederhana dihafalkan bersamaan dengan kegiatan yang dilakukan. Misalkan ketika makan baca doa makan, mau masuk kamar mandi baca doa masuk kamar mandi. Dirumah kami yang di Jakarta dibeberapa tempat saya tempel poster berisi doa-doa pendek untuk anak. Misalkan di depan pintu kamar mandi. Karena sering mendengar doanya akhirnya Rafif dan Aisyah bisa menghafal sendiri doa tersebut.

Untuk Shalat juga saya mengajarkannya ketika saya sendiri shalat saya mengajak anak-anak untuk ikut Shalat. Sekarang Rafif dan Aisyah sudah hafal semua gerakan Sholat. Hanya bacaannya mereka belum hafal.

Sejarah Islam juga bisa dipelajari melalui buku cerita yang banyak sekali beredar di toko buku. Saat ini kami sedang membaca buku 99 Kisah Menakjubkan dari Alquran. Setiap malam sebelum tidur saya membacakan 1 atau 2 kisah dari buku tersebut. Mudah-mudahan ketika kami tinggal di Arab nanti kami bisa berziarah ketempat-tempat bersejarah bagi umat Islam yang selama ini hanya bisa ditemui melalui ceritanya saja.

Harapan saya sederhana agar anak-anak bisa merasakan Indahnya Islam dimana Rukun Islam, Rukun Iman dan pelajaran Islam lain yang pernah saya pelajari disekolah tidak hanya menjadi teori yang hanya perlu diingat ketika ujian tiba. Saya ingin anak-anak merasa Allah selalu bersama mereka. Amin.


Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...