Sabtu, 22 Oktober 2011

Lapbook Luar Angkasa Rafif

Rafif sudah menyelesaikan Lapbook luar Angkasa. Artinya belajar sains dengan topik luar angkasa selesai dan kami siap pindah ke topik lain. Untuk halaman depan seperti Lapbook Aisyah saya juga meminta Rafif menggambar sesuatu yang berhubungan dengan laur angkasa. Dibawah ini hasil karyanya berupa gambar pesawat ulang alik yang bersiap mendarat di bulan.
Halaman Depan




Lapbook berguna untuk mengumpulkan berbagai informasi terkait dengan topik yang ingin kami pelajari sehingga mudah dibaca atau diambil ketika diperlukan. Satu lagi yang saya sukai dari lapbook adalah kita bisa menambah halaman dengan berbagai cara menarik. Seperti lapbook Rafif ini saya menambahkan karton berwarna kuning yang bisa dibuka keatas untuk melihat halaman dibelakangnya.

Bagian Dalam





Dibagian tengah halaman pertama terdapat lipatan kertas berisi ayat yang diambil dari Surat Yunus ayat 5 yang ditulis Rafif. Ayat ini berisi pernyataan bahwa Allah yang telah menggerakkan bumi, matahari dan bulan dengan tujuan sebagai penetepan waktu. Rafif sudah belajar bagaimana rumitnya pergerakan benda-benda di laur angkasa dan hebatnya tidak ada satupun yang melanggar jalur atau menabrak benda lain. Semua sudah diatur oleh Allah Subhanallah  Wa Ta'ala. Allahhu Akbar. Inilah salah satu cara saya agar kami dapat belajar kebesaran Allah agar kami benar-benar dapat mengerti makna Allah Maha Besar.

Lembar kertas lipat yg memuat QS 10:5

Tulisan tangan Rafif

Dibawahnya saya menempelkan cerita dari Buku 365 Hari Mencintai Rasulullah SAW yang saya scan dan kemudian di print. Selain itu dibelakangnya juga ada cerita tentang Mi'rajnya Rasulullah SAW. Rafif belajar bulan terbuat dari batu yang sangat keras sehingga secara logika akan sangat sulit membelahnya. Tapi Rusullullah dengan izin Allah SWT bisa melakukannya dengan sangat mudah. Sekalai lagi Maha Besar Allah. Peristiwa Mi'raj juga menggambarkan kebesaran ALLAh. Manusia perlu bertahun-tahun belajar untuk bisa sampai kebulan. Itupun dengan kendaraan yang luar biasa sulit untuk dikendarai karena untuk menjadi astronot butuh 3 tahun latihan. Tapi Rasulullah bahkan mencapai langit ke tujuh dengan hanya mengendarai Buraq, hewan seperti kuda tanpa perlu latihan terlebih dahulu.

Cerita mengenai Rasulullah SAW membelah bulan.
Dibagian samping kanan terdapat buku mengenai bulan, matahari dan bumi yang saya dapatkan dari Science A to Z. Jika ada teman-teman yang ingin buku ini silahkan tulis alamat email pada kolom komentar dibawah ini. Saya dapat memberikan kepada 30 orang pertama. Karena lisensi Sains A to Z yang saya beli  adalah untuk 1 kelas.
Buku dari Sains A to Z
Dibagian dalam lapbook dibelakang karton berwarna kuning. Saya menempelkan berbagai fakta menarik dari Science A to Z seperti jejak kaki para Astronot yang masih terdapat dibulan karena dibulan tidak ada angin yang bertiup. Dibelakang fakata-fakta itu juga sebenarnya ada gambar mengenai rotasi masing-masing planet yang terlewat untuk difoto.
Dibagian atas sebelah kiri Lapbook  ada kertas yang bertuliskan tulisan fiksi Rafif yang berkisah tentang Mr. Bun yang terbang ke Jupiter membawa 6 koper dan bertemu alien disana. Dibawahnya ada flip book planet dengan gambar planet yang diurut berdasarkan kedekatan dengan matahari.
Selain itu juga ada gambar  pesawat ulang alik lengkap dengan keterangan bagian-bagiannya. Dibawahnya ada Moon Phase Dial , lingkaran yang bisa diputar untuk menggambarkan 8 fase  perbedaan tampilan bulan jika dilihat dari bumi.

Bagian dalam Lapbook

8 Fase Bulan

Quick Read dari Science A to Z


Untuk bahan-bahan membuat Lapbook Luar Angkasa bisa dilihat dari link-link berikut dibawah ini :
- http://www.homeschoolshare.com/space_lapbook.php
- http://www.squidoo.com/spacelapbook
- http://www.lapbooklessons.com/SpaceShuttleLapbook.html
- http://amuslimchildisborn.blogspot.com/2011/06/outside-my-world-book-22.html



17 komentar:

Susan mengatakan...

halo, kalau boleh saya mau dibagi buku Science A to Z
email saya yuanitas(at)gmail(dot)com
thanks untuk sharingnya.

Anonim mengatakan...

Bunda,
Saya berminat dengan bukunya...
Ini email saya, bundatsalitsa@yahoo.co.id
Jazakillah khoiron...:)

Anonim mengatakan...

Subhanallah... Belajarnya komplit bgt ya.. Minta izin nyontoh...dan keep writing ya...!!!!

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum mba,, kalo masih bisa mendaftar,, Lina mau juga bukunya untuk Azzam,
email Lina di cp.hendrawati@gmail.com, jazakillahu khairan katsiran,,

Anonim mengatakan...

Bunda,
saya juga mau bukunya masih bisa?
email saya janee82k@gmail.com
terima kasih bagi2 ilmunya... saya bookmark page ibu yaaa... keep sharing...

Uminya Afra mengatakan...

Bunda ..saya mau juga ya bukunya, smoga masih bisa ya ...email saya dewi_k2003@yahoo.com.

Makasih...

Anonim mengatakan...

bunda, saya tertarik dengan bukunya, apakah masih tersedia? saya juga pemerhati homeschooling, email saya bundaalfatih@gmail.com, jazakumulloh.keep sharing n writing ya bun

Anonim mengatakan...

bunda saya berminat dengan bukunya, apakah masih tersedia? saya juga pemerhati homeschooling. email saya : bundaalfatih@gmail.com

keep writng n sharing ya bun. jazakumulloh

Astari mengatakan...

Assalamu'alaikum Bunda...
Kalau berkenan, saya juga berminat dengan buku Science A to Z. Email saya di ameliafajri@rocketmail.com

Blog-nya sangat menginspirasi.. Terima kasih banyak... :)

Firdaus mengatakan...

Assalamu'alaykum wr wb,
Bunda jika berkenan saya juga berminat ama bukunya. email saya di kholidfirdaus@gmail.com

Firdaus mengatakan...

Assalamu'alaykum...
Bunda saya juga berminat untuk bukunya. email saya di kholidfirdaus@gmailcom

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum, bunda masih bisa mendaftarkah? saya sangat berminat dengan bukunya untuk anak2 saya,semoga masih bisa yaa...ini email saya, pgitasari@yahoo.com. Jazakillah Bunda....

bunda mengatakan...

subhanallah...kumplit belajarnya dan dimulai dari pengenalan bahwa semua adalah kuasa Allah....inspiratif Bund,kebetulan anak saya sdg belajar tentang astronomi dan saya sdg googling dan nancep disini.moga2 masih berlaku penawaran bukunya.ini email saya astri.ksa@gmail.com
jazakillahu khairan katsiran....

Winarti mengatakan...

senang sekali membaca berbagi pengalaman tentang sekolah rumah, semoga masih ada kesempatan untuk mendapatkan buku Science A to Z, ini email saya: karyawinarti@gmail.com

Liha Ahliana mengatakan...

assalaamu'alaikum. salam kenal mbak. sy newbie d homeschool. di sini banyak bgt dapet inspirasi unt belajar. kalo boleh bagi buku sains A-Z ya. syukron katsiir. oya silahkan jg mampir ke blog sy, ttg homeschooling jg.

Liha Ahliana mengatakan...

oya email sy (moga masih kebagian)
ahliana99@gmail.com

siti nurkhasanah mengatakan...

assalamualaykum bagus banget blognya,penuh inspirasi.mudah2n masih kebagian ebooknya.email saya mannawasalwa@gmail.com

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...