Selasa, 18 Oktober 2011

Lapbook Luar Angkasa Aisyah (TK)

Saya mau cerita sedikit tentang lapbook yang Aisyah buat. Tema lapbook kali ini adalah luar angkasa sesuai dengan topik sains yang kami pelajari. Alasan saya menggunakan kata kami dan bukan anak-anak karena bukan hanya mereka saja yang belajar saya juga belajar banyak hal baru bersama mereka. Untuk lapbook kali ini hampir semua materinya saya dapatkan dari Homeschool Creation. Hanya ada satu bagian yang saya print dari tempat lain. Bagian gambar pesawat luar angkasa yang didalamnya ada cerita Aisyah.

Untuk bagian depan lapbook saya minta Aisyah untuk menggambar apa saja yang menurutnya sesuai dengan ruang angkasa. Dia memilih untuk menggambar matahari dan rumah. Selain itu dia juga menempelkan bintang yang sudah diwarnai. Setelah selesai menempel bintang-bintang tersebut Aisyah dengan bangganya bilang, "Mi, lihat lapbook Iyah udah cantik kan ada bintang-bintang!".

Bagian depan Lapbook
Untuk bagian dalam ada beberapa lembar worksheet untuk belajar menulis yang saya gabung menjadi satu kemudian saya straples dibagian tengah lapbook. Jika Aisyah ingin melihat lembar kedua dia hanya perlu mengangkat lembar pertama keatas.

Bagian dalam lapbook

Worksheet menulis

                           Lembar kedua worksheet
Dibagian samping kanan ada deretan kantung kertas untuk menyimpan kartu-kartu kecil. Dibagian atas ada kartu untuk mencocokan gambar dengan bayangannya,  ditengah ada kartu yang bergambarkan benda-benda luar angkasa, dan dibawah ada kartu angka untuk disusun dari angka 10 - 1. Jadi anak belajar berhitung mundur sambil membayangkan akan meluncurkan pesawat ulang alik.

Tempat untuk menyimpan kartu-kartu kecil
Dibagian kiri lapbook ada buku kecil untuk anak belajar nama warna, kemudian ada kantung hijau yang isinya roket berbagai ukuran untuk disusun   berurutan dari mulai kecil sampai besar atau sebaliknya. Dan paling bawah ada kantung kertas lagi berisikan kartu-kartu untuk anak belajar phonik dengan cara melingkari huruf awal dari gambar yang ada.

Jika anak belum bisa menulis bukan halangan bagi dia untuk tidak bisa mengeluarkan isi pikirannya dalam bentuk tulisan. Kita bisa membantu dengan menuliskannya. Seperti yang saya lakukan dengan Aisyah. Saya menyuruh dia untuk menceritakan apa saja yang dia fikirkan mengenai pergi ke luar angkasa. Kemudian saya menuliskannya pada selembar kertas yang sudah dia gunting berbentuk roket. Seperti gambar dibawah.

Roket berisi cerita Aisyah


Lembar untuk menebalkan
Terakhir ada latihan menebalkan garis untuk menghubungkan roket dengan bulan. karena didalam sudah penuh akhirnya lembar tersebut ditempelkan dibagian belakang lapbook. Selesai sudah Lapbook sederhana untuk anak usia prasekolah atau TK. Yang menarik dari lapbook walaupun sumber materi yang diambil sama tapi hasil akhirnya pasti berbeda. Silahkan download materi dan buat lapbook kreasi masing-masing. Dan saya akan senang sekali berkujung melihat hasil Lapbbok dari teman-teman apabila meninggalkan alamatnya pada kota komen dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...