Minggu, 16 Oktober 2011

Belajar Sains Tematik : Luar Angkasa

Setelah selesai dengan topik Tanaman, Rafif memilih untuk belajar tentang ruang angkasa. Ada misi penting ketika kita mengajarkan tentang ruang angkasa . Bukan hanya sekedar mengetahui fakta-fakta seperti berapa jarak dari bumi ke matahari atau satelit apa yang diluncurkan pertama kali. Tapi disini kita ingin mengajak anak untuk lebih mengenal Allah yang Maha Besar melalui ciptaannya. Setelah belajar anak diharapkan untuk mengetahui bahwa bumi tempat tinggal manusia hanya benda yang kecil di alam semesta ini, bahkan matahari pun yang kita fikir sudah teramat besar karena jauh lebih besar ternyata merupakan bintang yang kecil dibandingkan bintang-bintang lain di luar angkasa. Selain itu kita ajak anak juga mengetahui  kehebatan Allah karena selain menciptakan juga mengatur gerakan benda-benda luar angkasa tersebut tanpa ada yang bertabrakan satu sama lain. Pergerakan itu membuat terjadi malam dan siang sehingga manusia bisa beristirahat. Ayat - ayat Alquran yang berkenaan dengan astronomi bisa ditulis dan ditempelkan pada lapbook nantinya.

Untuk bahan bacaan saya mendapatkannya dari situs Big Universe. Ada berbagai buku menarik tentang luar  angkasa. Masing-masing buku ditulis dengan kalimat-kalimat pendek ditambah ilustrasi menarik. Jumlah halaman pada setiap buku juga tidak terlalu banyak. Topik yang dibahas antara lain planet, astronot, pesawat ulang alik dan stasiun ruang angkasa. Sayangnya situs ini tidak gratis tapi kita masih bisa mengakses dengan cara menggunakan free trialnya untuk 14 hari.  

contoh salah satu buku di Big Universe

Anak-anak akan lebih mehami materi jika melibatkan seluruf panca inderanya. Jadi selain membaca buku saya juga mengajak Rafif dan Aisyah untuk membuat craft, menonton film, bermain peran dan belajar melalui gambar 3 dimensi di Second Life. 

Untuk ide craftnya bisa dilihat disini . Rafif memilih membuat 3 benda yaitu pesawat ulang alik lengkap dengan launch pad untuk peluncuran, stasiun luar angkasa dan Ransel astronot. 

Space jet Packs
Kami menonton film tentang pesawat ulang alik melalui Youtube. Anak-anak bisa melihat sendiri bagai mana  pesawat ruang angkasa dalam bentuk asli. Memperhatikan bagaimana cara pesawat tersebut terbang dan mendarat yang berbeda dengan pesawat yang pernah mereka tumpangi. 

Jika ingin membawa anak-anak merasakan sensasi naik roket kemudian meluncur turun dari langit silahkan jalan-jalan ke Second Life. Disana kita bisa belajar dalam bentuk gambar 3 dimensi mengenai roket, gerhana, tata surya dan teropong bintang. Saya yakin lagi masih banyak tempat yang menarik mengenai luar angkasa yang belum sempat kami kunjungi di Second Life. Sepertinya saya akan menulis topik khusus tentang Space in SL di postingan yang lain. 

Teropong bintang besar yang kami lihat di Second Life

Anak-anak suka sekali bermain peran. Mereka dengan gampangnya bisa berubah menjadi apa saja melalui bermain peran. Termasuk menjadi Astronot. Dengan hasil craft yang sudah dibuat Rafif, Aisyah bahkan Afkar bisa sibuk bermain menjadi astronot menerbangkan pesawat ulang alik atau terbang dengan menggunakan Space Jet Packs. Bahkan  rotasi bumi dan benda-benda luar angkasa juga lebih mudah dijelaskan melalui bermain peran. Kami bermain menjadi bumi, bulan, matahari dan jupiter. Kemudian saya meminta Rafif mengatur posisi bagaimana posisi sebenarnya diruang angkasa. Kemudian kami bergerak bersama sama seperti gerakan yang sebenarnya misalkan Rafif yang menjadi bulan harus berputar seraya mengelilingi saya yang menjadi bumi. Saya juga harus berputar sambil bergerak mengelilingi Aisyah si matahari.

Setelah itu kami bertukar peran lagi misalkan kali ini Rafif yang menjadi Jupiter. Jupiter ada di belakang bumi dan harus pada lintasannya masing- masing. Tidak boleh masuk ke lintasan atau menabrak bumi. Mereka juga jadi paham bahwa semakin jauh meeka dari matahari maka waktu untuk mengelilinginya semakin lama karena lingkarannya semakin jauh.  Setelah satu lintasan biasanya langsung berhenti karena terjadi tabrakan, atau ada yang pusing karena berputar-putar. Tapi yang pasti anak-anak tertawa senang sambil belajar kehebatan Allah dalam mengatur berbagai benda di luar angkasa.

Khusus untuk lapbook akan ada postingan khusus karena akan sangat panjang jika digabung disini. Sudah 2 minggu kami belajar mengenai ruang angkasa dan anak-anak masih menikmati.  Mungkin akan belajar 1- 2 hari lagi sambil menyelesaikan lapbook setelahitu kami akan pindah ketopik lain.




Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...