Jumat, 14 Oktober 2011

Lapbook Tanaman

Sesuai dengan janji saya pada posting sebelumnya, posting kali ini mengenai  lapbook yang Rafif buat bertema tanaman. Agar sesuai dengan temanya saya menggunakan map berwarna hijau. Awalnya saya ingin ada gambar tanaman di halaman depan tapi Rafif menolak dia memilih hanya membuat tulisan Plant dengan glitter. Karena ini Lapbook Rafif bukan lapboo saya, jadi keputusan ada ditangan dia. Tujuan saya anak-anak membuat lapbook agar apa yang sudah mereka pelajari bisa dikumpulkan dalam satu tempat dan bisa dibaca ulang kapan saja mereka butuh.
Halaman Depan
Lapbook ini terdiri dari dua lembar map yang digabung menjadi satu. Pada lembar pertama Rafif menempelkan hasil quiz yang disediakan oleh Science A to Z. Terdiri dari bagian-bagian tanaman, dan puzzle kata. Setelah itu dia juga menempelkan tulisan singkat mengenai karir yang dapat dipilih dengan menguasi ilmu tentang tanaman. Selain quiz Science A to Z juga menyediakan 3 buku kecil mengenai tanaman. Ketiga buku tersebut disimpan dalam folder berwarna oranye yang terbuat dari karton yang di depannya bertuliskan Plant Book. Terakhir saya mengajarkan Rafif membuat lingkaran yang dapat diputar yang beriskan gambar buatannya sendiri mengenai daur hidup tanaman dari mulai biji sampai menjadi tanaman yang kembali menghasilkan biji. Sebenarnya lingkaran itu ada tutupnya yang bisa diputar jadi hanya menampilkan satu daur hidup saja. Sayang tutupnya dirobek Afkar dan ketika lapbook ini difoto tutupnya masih hilang entah kemana.

halaman pertama

Bagian dari tanaman


Tulisan mengenai karir, buku-buku mengenai tanaman.

Daur hidup tanaman

Untuk lembar kedua saya mengambil bahan dari hasil googling  internet. Sumber lapbook yang paling lengkap ada di  http://www.squidoo.com/plant-lapbook- .  Di lembar kedua ini ada  lembar kertas berisi gambar komponen yang dibutuhkan tanaman untuk hidup disertai penjelasan singkat. Sebenarnya biji tidak termasuk komponen yang dibutuhkan tanaman karena dia merupakan bagian dari tanaman itu sendiri. Tapi menurut Rafif tanaman perlu biji. Itulah alasan kenapa gambar biji termasuk dalam daftar.

Gambar yang dibutuhkan oleh tanaman.


Saya juga menemukan lembar kerja yang berisi gambar aneka jenis barang. Dari gambar tersebut Rafif harus memilih barang apa yang terbuat dari tanaman. Awalnya Rafif tidak memilih spagetti sebagai benda yang dihasilan tanaman karena selama ini dia hanya melihat spaghetti dalam bentuk kering. Dari Lesson Pathways saya menemukan Grain Chain situs  internet yang berisi penjelasan mengenai padi-padian. Dari mulai padi ditanam dari biji sampai dijadikan tepung dan kemudian dibawa kepabrik untuk dijadikan roti.  Setelah berkunjung di Grain Chain Rafif jadi tahu bahwa banyak makanan yang berasal dari padi-padian yang diubah menjadi tepung seperti spaghetti atau pancake yang sering dia makan.

Worksheet benda dari tanaman

Lapbook ini juga memuat kartu-kartu kecil yang bisa disusun menjadi tahapan-tahapan tanaman dari mulai diletakkan media tanam seperti tanah sampai tanamannya besar dan berbunga. Potongan bunga yang teridiri dari akar, daun, batang dan kelopak bunga yang disusun  dan  diwarnai . Komponen terakhir dari lapbook ini adalah nama-nama bagian pohon.

Bagian dari bunga

Kartu pertumbuhan tanaman


Bagian dari pohon

Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...