Jumat, 29 Mei 2009

Belajar Jam


Dirumah kami menerapkan waktu khusus untuk menonton TV. Untuk Rafif dan Aisyah mereka punya waktu 1 jam di pagi hari untuk menonton Dora dan Backyardigan di Global TV. Acaranya dimulai jam 7 pagi. Untuk membantu Rafif mengetahui kapan waktunya mereka menonton TV saya mulai mengajarkan membaca jam.

Ada 1 situs menarik yang membantu saya mengajarkan jam bisa diklik disini. Di sana ada sebuah jam analog animasi yang kedua jarumnya bisa digerakkan sesuka hati. Background jamnya juga bisa diganti dengan beberapa tema dari mulai angka latin, romawi, arab sampai tidak berangka.
Dari jam tersebut Rafif bisa mengerti mengapa jika jarum panjang ada di angka 1 itu berarti lewat 5 menit. Karena jamnya dilengkapi dengan garis-garis kecil dan angka untuk menghitung menit. Tahap awal saya menekankan pada Rafif untuk melihat jarum yang pendek terlebih dahulu sehingga dia bisa menentukan jam berapa lalu kemudian melihat jarum jam yang panjang untuk menitnya. Alhamdulillah untuk jam sudah tidak ada kesulitan lagi hanya saja dia masih perlu banyak latihan untuk membaca menit.
Untuk mengetahui pemahaman anak bisa dilakukan tes dengan mengerjakan soal-soal animasi diwebsite ini.


Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...