Minggu, 05 Juli 2009

Field Trip - Perpustakaan Diknas Senayan




Tanggal 29 Juni lalu Rafif dan Aisyah ikutan kegiatan Holiday at Library yang diadakan oleh Reading Bugs bareng teman-teman mereka di komunitas Homeschooling Berkemas. Kegiatannnya dimulai dari pukul 9.30 sampai 15.00.

Awalnya Rafif gak mau ikutan masuk kedalam ruangan. Padahal didalam ruangan anak-anak lagi seru membuat tower dari kardus bekas kemasan vitamin. Malah Aisyah yang semangat mau ikutan padahal dia ngga saya daftarin karena dalam flyernya disebutkan kegiatannya untuk anak umur 4 tahun keatas. Setelah mendaftarkan Aisyah saya ikutan masuk keruangan untuk sambil membujuk Rafif supaya mau ikut kegiatan.


Setelah selesai bermain dengan kardus-kardus yang dijadikan lego, kegiatan selajutnya adalah story telling. Dimana anak-anak dibacakan buku cerita dan diajak berdiskusi tentang tokoh atau cerita dari buku yang dibacakan. Rafif sudah mulai enjoy dan mulai terlibat didlam aktivitas sehingga saya bisa keluar ruangan dan ngobrol ama ibu-ibu lain :)

Setelah story telling anak-anak diajarkan Brain game sama Mbak Paramitha. Mereka diajak untuk melakukan berbagai gerakan sambil berimajinasi. Misalkan saja ketika melakukan gerakan mengayuh kaki mereka disuruh membayangkan sedang dikejar anjing sehingga mengayuhnya semakin cepat atau mereka disuruh mengangkat tangan dan berusaha menggapai awan sebanyak-banyaknya.

Capek olahraga saatnya makan. Habis makan dan sholat anak-anak diajak keliling perpustakaan Diknas. Mereka boleh membaca berbagai buku anak-anak yang tersedia ataupun menonton tayangan BBC yang disediakan. Setelah itu kembali lagi masuk keruangan untuk pemutaran film. Film yang diputar adalah film yang berdasarkan buku cerita Beatrix Potter.

Setelah filmnya di putar anak-anak boleh memilih buku Beatrix Potter yang akan dibacakan. Buku-buku Betarix Potter semuanya berkisah tentang binatang. Buku-bukunya sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Gramedia sedangnkan untuk versi inggris bisa dibaca online di Wowio Bukunya dibacakan langsung oleh Bu Rosie Setiawan pendiri Reading Bugs. Kalau Bu Rosie yang bacain buku jadi sama serunya dengan nonton filmnya karena Bu Rosie membacakan dengan berbagai intonasi yang menarik sambil juga berkomunikasi dan mengajak anak-anak melakukan berbagai gerakan sesuai dengan teks yang sedang dibacakan.

Tepat pukul 3 sore acara selesai setelah anak-anak menuliskan atau menggambarkan harapan mereka. Acara Holiday at Library ini akan berlangsung sampai dengan tanggal 10 Juli 2009 di perpustakaan Diknas Senayan. Untuk anak kelas 3 SD keatas juga ada kegiatan membuat mind mapping dari buku yang dibaca.




Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...