Kamis, 09 Desember 2010

Main Engklek

Tidak bersekolah bukan berarti Rafif & Aisyah tidak kenal permainan tradisional. Mereka mengenal berbagai permainan tradisional dari teman-teman didekat rumah. Terkadang saya khusus mengenalkan permainan masa kecil saya dulu kepada anak-anak agar mereka punya banyak referensi permainan. Ini salah satu cara saya agar mereka punya banyak kegiatan sehingga mengurangi jam untuk menonton televisi.

Salah satu permainan yang mereka kenal adalah engklek. Dengan engklek, mereka melatih motorik kasar, melibatkan meloncat dengan satu kaki tanpa mengenai garis. Selain itu, mereka juga berlatih melempar "gacok" agar tepat sasaran. Sayang karena lahan terbatas, mereka hanya bisa memainkannya di garasi mobil, tidak seperti zaman saya dulu :(. Ketika membuat gambar engleknya Anak-anak juga belajar menggambar aneka bentuk dengan bermain engklek, seperti persegi panjang, trapesium, lingkaran dan segi empat. Bahkan kita dapat mengajarkan abjad sambil bermain engklek dengan cara menuliskan abjad pada tiap bentuk. Setiap anak loncat diatas abjad tersebut kita bisa mengajak anak untuk menyebutkan nama abjad tersebut.

Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...