Rabu, 03 Agustus 2011

Tantangan 30 hari Klub Oase #2

Hari ini Rafif memulai kegiatan Pendidikan Ramadhan di Mesjid Raya Baiturahman Lhokseumawe. Dia bersemangat sekali ikut kegiatan ini karena dia melihat di daftar acara ada kegiatan Fun Games. Dalam benaknya itu adalah bermain game komputer :) Pulangnya  dia langsung laporan , " Umi ternyata fun game itu bukan main komputer tapi main percobaan dengan air !". hehehehe ada yang kecele rupanya tapi Alhamdulilllah tidak terlalu kecewa karena katanya enak juga main air pakai saringan. Selain Fun game disana mereka juga belajar membaca dan menulis huruf-huruf di buku Iqra. Insya Allah kegiatan ini diadakan selama 30 hari di bulan Ramadhan dari pukul 8 - 11 pagi.




Karena Aisyah menolak untuk ikutan Pendidikan Ramadhan saya mengajaknya membuat Penanda Ramadhan. Idenya didapat dari A Muslim Child Is Born. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 batang alat tulis, pita, spidol permanen, penjepit baju, penjepit kertas dan kertas origami untuk membuat gambar bulannya.



Hasilnya seperti yang ada dibawah ini. Sayang karena pitanya berwarna perak dan memantulkan cahaya membuat angka-angkanya tidak terlihat ketika difoto. Dengan adanya penanda ini selain belajar bilangan Aisyah juga belajar urutan pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Sekarang juga saya tidak repot lagi menjelaskan setiap ada yang bertaya "Mi, lebaran berapa lama lagi ?". Mereka tinggal lihat bulan yang ada dijepitan jemurannya. Semakin kebawah artinya lebaran semakin dekat.



Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...