Minggu, 14 Agustus 2011

Tantangan 30 hari Klub Oase # 5

Wah padahal hari ini sudah memasuki hari ke 14 sedangkan laporan pandangan mata baru sampai hari ke 5 :( Ternyata belum bisa memenuhi komitmen sendiri untuk bisa ngeblog setiap hari. Tapi setidaknya saya akan mencoba untuk tetap mendokumentasikan kegiatan kami selama Bulan Ramadhan.

Hari ke 5 Ramadhan saya mengajak Aisyah membuat fase-fase bulan sebagai hiasan gantung. Sebelumnya saya membuat pola 8 bentuk bulan di karton putih. Setelah itu saya mengajarkan Aisyah untuk mewarnai bulannya sebelum digunting. Kami tidak menggunakan alat mewarnai seperti krayon atau spidol seperti biasa tapi kai akan menggunakan warna dari lunturan kertas krep yang sudah dibasahi dengan air. Olesi kertas karton dengan air lalu tempelkan potongan kertas krep seperti gambar dibawah ini.


Setelah beberapa saat kertas krepnya diangkat meninggalkan warna-warna cantik yang pudar dan agak bercampur. Agar tidak robek ketika digunting maka kertas kartonnya dijemur terlebih dahulu. Sambil menunggu kering anak bisa kita aja belajar menngenai evaporasi. dengan cara  mengamati karton. Karton yang tadinya basah ketika dijemur maka airnya akan menghilang sedikit-sedikit. Kita jelaskan bahwa airnya tidak menghilang tapi berubah menjadi uap air yang ringan dan naik keatas langit. Diatas mereka nantinya akan berkumpul menjadi awan.


 Untuk kolasenya saya masih menggunakan aplikasi Photoscape dan template dari Shabby Princess. Untuk cara membuat kolasenya bisa dilihat disini

Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...