Sabtu, 26 Maret 2011

GIPIKA & GASING

GIPIKA atau Gerakan Ibu Pintar Matematika adalah satu gerakan yang digagas oleh Prof. Yohannes Surya melalui Surya Institute. Melalui GIPIKA Yohannes Surya ingin menyebarluaskan metode GASING yaitu metode belajar Matematika yang Gampang ASyIk dan MenyenaNGkan. Metode tersebut diajarkan kepada ibu-ibu karena pada umumnya ibu-ibulah yang bertanggung jawab atas pendidikan anak. Sehingga apabila para ibu sudah pintar matematika maka bisa membantu anak mereka belajar matematika sehingga anak Indonesia bisa menguasai matematika.

Saya berkesempatan mengikuti pelatihan ini melalui pelatihan yang diadakan oleh Komunitas Homeschooling Berkemas. Dari 10 kali sesi pertemuan saya hanya bisa datang pada 3 sesi saja karena saya tidak mungkin tinggal di Jakarta selama 2 bulan.


Ada beberapa perbedaan metode Gasing ini dengan metode yang biasa. Perbedaan yang mendasar adalah mengenai urutan materi. Pada metode gasing setiap materi harus dikuasai dengan tuntas baru pindah ke materi baru. Misalkan di buku teks yang biasa anak akan belajar penjumlahan 1 - 20 lalu pindah ke materi pengurangan. Seetelah mengenal sedikit materi pengurangan kemudian pindah lagi ke materi perkalian dan kemudian pindah lagi ke materi pengukuran walaupun anak baru bisa melakukan perkalian 3. Di GASING anak mulai dari materi penjumlahan 1-9, lalu 1-20 , penjumlahan 2 digit , 3 digit sampai penjumlahan mencapai angka jutaan. jadi Anak diharapkan untuk menguasai materi penjumlahan baru kemudian belajar perkalian dan bukannya pengurangan seperti biasa. Sebelum masuk ke materi baru anak juga diberikan soal-soal cerita agar dapat mengaplikasikan materi penjumlahan yang telah di pelajari.

Demikian juga halnya dengan perkalian dipelajari dengan tuntas sampai anak bisa mengalikan angka sampai bernilai jutaan baru setelah itu anak bisa melanjutkan ke pengurangan begitu seterusnya sampai habis 10 topik pembahasan.

Perbedaan lainnya adalah cara melakukan penghitungan. Jika selama ini kita menjumlahkan 234 + 345 dimulai dari satuannya dulu yaitu 4 + 5 di metode GASING ini dilakukan dari depan yaitu dari ratusannya terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat link yang ada disini.

Selain itu juga ada berbagai trik yang digunakan agar anak bisa memahami materi dengan mudah. Ketika saya menerapkan metode GASING ini ke Rafif memang dia bisa menangkap dengan cepat materi penjumlahan. Masalah timbul ketika saya minta Rafif mengerjakan soal-soal dibuku materi yang saya beli ketika pelatihan dia merasa bosan karena soal-soalnya sangat banyak ditambah dengan cetakan bukunya yang kecil-kecil.

Bagi para orang tua yang ingin mengikuti pelatihannya bisa menghubungi Surya Institute. Untuk materi penjumlahan dan perkalian sudah ada videonya dia website GIPIKA sehingga kita bisa pelatihan secara jarak jauh dan gratis. Buku Panduan mengajar juga dijual seharga Rp. 100.000 untuk 3 buku panduan. Sednagkan buku berisi materi dan soal-soal dijula seharga Rp. 300.000 untuk 10 buku materi.

Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...