Minggu, 27 Maret 2011

Kartu Pop Up

Untuk ulang tahun Rafif tanggal 23 Maret yang lalu saya membuat kartu pop up. Templatenya saya ambil dari websitenya Robert Sabuda. Robert Sabuda adalah seorang artis pembuat buku cerita pop up untuk anak-anak. Di websitenya Robert Sabuda menyediakan tutorial untuk membuat pop up yang sederhana. Polanya sudah disediakan kita tinggal print, menggunting dan menempel ditempat yang ditentukan. Sebaiknya pola di print diatas karton agar bisa kuat dan berdiri tegak. Tapi saya hanya menggunakan kertas biasa karena kalo menggunakan karton pasti ada bagian yang terbuang dari kartonnya ketika di gunting. Dibagian luarnya saya menggunakan kertas origami yang ditulis nama Rafif dengan menggunakan glitter. 


Ternyata kartu yang sederhana tersebut sangat disukai Rafif. Setelah saya berikan kartu tersebut dia buka tutup dan diperlihatkan kepada semua orang yang ada dirumah. Esoknya dia menggunakan ide pop up tersebut untuk membuat kartu ucapan terima kasih untuk setiap orang yang telah memberikan kado. Awalnya saya menawarkan untuk membuat kartu memakai template Robert Sabuda. Tapi karena tidak ada pola yang cocok akhirnya dia membuat pop up dari kerta origami yang ditekuk ke belakang sehingga ketika dibuka kertas origaminya akan berdiri seperti pop up. Sederhana memang tapi ada nilai lebih menurut saya yaitu dia mengaplikasikan suatu ide dengan cara dia sendiri.


Aisyah juga ikut membuat kartu. Saya membantunya membuat kartu dengan mulut yang bisa dibuka tutup. Kemudian Aisyah menggambar muka pada mulut tersebut dengan glitter. Kemudian saya menuliskan ucapan terima kasih didalam kotak seperti di komik-komik. Sayang saya tidak dapat menemukan kartu Aisyah ketika hendak di foto.



Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...