Minggu, 18 Januari 2009

Bis dari Kardus Bekas

 


Menjadi homeschooler membuat kami jadi rajin mengumpulkan barang-barang bekas. Jika sebelumnya setiap ada sampah pasti langsung berakhir di tempat sampah, sekarang saya mencoba mengumpulkan berbagai barang seperti kardus bekas, botol, gelas plastik dan aneka barang bekas lainnya. Setiap menemukan barang bekas akan saya masukkan ke kardus khusus bertuliskan "Junk Box". Ketika Rafif ingin membuat sesuatu dia bisa melihat kedalam "Junk Box" apakah ada benda yang bisa dimanfaatkan.

Salah satu hasil karya Rafif dari barang bekas adalah bis. Bis ini terbuat dari kardus kecil bekas biskuit. Agar dia bisa mencat busnya, kotak tersebut saya lapisi dengan kertas bekas. Jendelanya dibuat dari potongan kertas origami. Saya juga membantu melubagi pintu bisnya dengan cutter sehingga bisa dibuka tutup. Jadilah mainan murah meriah dan ramah lingkungan.

Kegiatan mengumpulkan barang bekas membuat Rafif belajar bahwa ada beberapa benda yang kelihatannya tidak berguna bisa diolah kembali menjadi barang yang masih ada manfaatnya. Dia belajar mencintai lingkungannya dengan mengurangi sampah dan juga belajar menjadi kreatif. Kalau buat saya bagian terpentingnya adalah dana untuk membeli mainan bisa dihemat karena banyak mainan bisa dibuat dari barang bekas :)

Ini beberapa situs favorite saya yang memuat berbagai ide untuk membuat kerajinan dari barang bekas :
- All Free Crafts
- Makes Stuff
- Kinder Art


Posted by Picasa

Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...