Jumat, 16 Januari 2009

Home Economics ( Mengelola Rumah Tangga) for Homeschooler



Saya sempat punya pengalaman tinggal di negeri orang. Tidak jauh, masih negara tetangga Malaysia dan tidak lama juga cuma 1 tahun. Tetapi 1 tahun itu saya benar-benar kelimpungan mengurus rumah tangga. Tinggal di negeri orang berarti semua harus dilakukan sendiri dari mulai belanja, memasak, mencuci pakaian, menyetrika dan seabrek pekerjaan rumah tangga lain. Saya padahal tidak pernah melakukan semua pekerjaan itu sebelumnya. Hari-hari saya sebelumnya cuma diisi kekampus, belajar dan ekstrakurikuler, ketika kemudian menjadi pekerja kantoran waktu pun kemabli habis hanya untuk kekantor dan istirahat.Orang tua saya pun tidak pernah memaksa saya untuk membantu pekerjaan rumah, mungkin ibu saya dulu berfikir bahwa melibatkan anak pada pengelolaan rumah tangga tidak akan memberikan sumbangan bagi kesuksesan akademik.

Pengalaman tinggal diluar negeri tersebut membuat saya merasa harus membiasakan anak saya untuk membantu pekerjaan rumah tangga agar nantinya mereka siap ketika hidup mandiri kelak. Ternyata banyak hal yang dapat dipelajari anak ketika dia dilibatkan dalam urusan rumah tangga. Untuk anak usia dini mereka bisa melatih motorik halus ketika diajak mengelap debu, menyiram tanaman ataupun menguleni adonan tepung. Ketika memasak mereka belajar proses sains sederhana seperti dari padat menjadi cair ataupun fakta bahwa minyak tidak bisa bercampur dengan air. Matematika bisa juga dipelajari ketika mereka memilah baju yang sudah disetrika, mengukur perabotan yang akan dipindahkan, ataupun menghitung tomat yang baru dibeli.

Dengan diberikan kesempatan untuk melakukan pekerjaan yang sama dengan orang dewasa akan menumbuhkan rasa percaya diri dan perasaan diterima di kalangan orang dewasa. Rasa tanggung jawab juga bisa ikut dipupuk. Dan ini semua sama pentingnya dengan kesuksesan akademik.

Dibeberapa negara maju kegiatan mengelola rumah tangga ini bahkan menjadi kurikulum tersendiri. Saya kebetulan mempunyai contoh kurikulum Home Economics dari teman sesama Homeschooler di Canada. Didalam modul tersebut anak diajarkan dari mulai membersihkan rumah, memasak, mengorganisir kegiatan sampai menjahit. Saya jadi nggak heran lagi bagaimana orang-orang di luar negeri bisa mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga tanpa perlu bantuan PRT. Mereka sudah terbiasa mengerjakannya dari kecil.

So... Rafif...Aisyah, ayo bantu-bantu umi :)



Posted by Picasa

Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...