Kamis, 19 Juni 2008

Bekerja Dari Rumah

Beberapa waktu lalu teman kuliah saya, Endah membuat kejutan. Tanpa ada pemberitahuan sebelumnya dia mengumumkan launching toko onlinenya Excella Galery yang menjual barang-barang kerajinan Indonesia. Sebenarnya temen saya itu sudah mempunyai pekerjaan yang lumayan bagus untuk di World Bank, tetapi keinginan untuk bekerja dari rumah membuatnya mau berjibaku untuk memulai suatu usaha baru. Bagi para ibu bekerja dari rumah memang pilihan yang ideal karena dapat memiliki banyak waktu kebersamaan dengan anak tanpa kehilangan peluang ataupun aktualisasi diri. Yang menjadi masalah adalah mau bisnis apa yah? Kalau tidak mempunyai ketrampilan atau produk yang akan di jual bagaimana? Kalau tidak punya tempat bagaimana? sewa toko kan mahal ? Ini beberapa pertanyaan yang kerap terdengar dari teman2 saya yang ingin mencoba bekerja dari rumah.
Sebenarnya peluang bagi ibu-ibu untuk bekerja dari rumah terbuka lebar dengan adanya internet. Kita bisa saja membuka toko online seperti halnya teman saya Endah, tidak perlu sewa toko. Yang diperlukan hanya foto-foto produk, sebuah web, domain dan hosting.
Jika dana untuk menyewa jasa web designer tidak ada kita bisa mencoba membuat sendiri dengan program yang user-friedly seperti Joomla. Untuk membeli dan menyewa domain hanya berkisar Rp. 250.000 pertahun. Sangat jauh bukan jika dibandingkan dengan biaya untuk menyewa toko.
Lalu bagaimana kalau kita tidak mempunyai barang yang kita jual? Jika kita tidak punya barang yang kita jual kita bisa saja memasarkan barang milik orang lain atau menjadi seorang Affiliate Marketing. Seluk beluk menjadi Affilate Marketing bisa dipelajari disini . Kedepannya prospek pertumbuhan internet di indonesia akan semakin besar, begitu juga dengan biaya koneksi internet akan semakin bagus. Sehingga bekerja dari rumah dengan bantuan internet menjadi satu hal yang layak di perhitungkan. Tapi yang paling patut diperhitungkan adalah waktu dan kedekatan yang bisa kita berikan bagi anak.

Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...