Minggu, 15 Juni 2008

Awal Menjalani Homeschooling

Untuk pendidikan anak, saya dan suami memutuskan untuk memilih jalan yang sedikit dilalui orang. Kami memutuskan untuk melakukan hoemschooling untuk anak-anak kami. Pada awalnya kami tidak mengerti apa itu homeschooling bahkan tidak pernah tahu ada sistem pendidikan seperti itu. Kami hanya berniat tidak akan memasukkan anak ke sekolah Taman Kanak-Kanak setelah itu kami akan menyekolahkan anak di SD reguler. Untuk anak balita hal yang utama harus kami lakukan adalah membentuk akhlak serta kebiasaan baik. Dan anak belajar bertingkah laku baik dengan melihat contoh dari orang dewasa. Sulit untuk mengharapkan anak bertingkah laku baik hanya dengan melihat contoh anak-anak lain, yang juga sedang belajar.

Sampai suatu ketika saya membaca mengenai bersekolah dirumah yang dimuat di majalah Parents Guide. Pencarian di internet membuat saya semakin tertarik dengan homeschooling. Saya ingat website homeschooling pertama yang saya datangi adalah Besthomeschooling.org dan itu menjadi salah satu situs favorit saya sekarang.

Hasil pencarian internet juga membuat saya bertemu dengan Yayah Komariah Ketua Komunitas Homeschooling Berkemas. Melalui Bu Yayah saya juga dipertemukan dengan beberapa ibu2 – sekarang sudah menjadi sahabat2 saya - yang menjalankan homeschooling. Melalui milis sekolahrumah Milis Sekolah Rumah saya juga bertemu secara tidak langsung dengan para praktisi HS lain di Indonesia yang dengan senang hati selalu berbagi pengalaman maupun resources yang mereka punya dalam menjalankan HS.

Sekarang kami semakin mantap menjalankan homeschooling dirumah kami seterusnya karena beberapa faktor berikut:

- Saya seorang Ibu Rumah Tangga yang senang menghabiskan waktu dengan anak

- Homeschooling lebih flexible dalam segi waktu dan biaya

- Anak lebih bisa mengembangkan bakat

- Bisa memilih kurikulum yang sesuai dengan anak termasuk kurikulum Internasional, seperti Kurikulum Cambridge

Semoga perjalanan kami dalam menjalankan homeschooling akan selalu mneynangkan dan berakhir happy ending.

Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...