Selasa, 09 Juni 2009

Kurikulum Primary 1 Cambridge untuk Rafif

Tahun ini Rafif berumur 5 tahun. Jika berdasarkan Cambridge International Primary Program maka usia 5 tahun adalah saatnya untuk mulai mempelajari materi-materi Primary 1 atau bisa dikatakan setingkat SD kelas 1. Hanya ada 3 mata pelajaran yang harus dipelajari anak untuk tingkat Primary yaitu Math, Science and English. Untuk kerangka Kurikulum dan buku serta website yang direkomendasikan bisa didownload gratis disini

Untuk Math saya menggunakan buku Primary Mathematics Textbook 1A terbitan Marshall Cavendis Education yang bisa di beli di toko buku Mentari Cipete. Dari buku ini bisa mendapatkan gambaran detil mengenai topik apa saja yang akan dipelajari anak selama 1 semester. Didalam buku ini juga disertakan beberapa contoh soal untuk dikerjakan anak. Jika ingin anak ingin mengerjakan soal-soal yang lebih banyak kita bisa melengkapinya dengan Workbook dari penerbit yang sama.

Sedangkan untuk Science saya masih belum membeli buku textnya. Jadi masih belum mendapat gambaran detil mengenai apa yang akan di pelajari anak di tingkat primary 1. Selama ini saya masih menggunakan bahan-bahan dari Science A to Z. Saya yakin semua bahan yang akan di pelajari dari buku text sebenarnya bisa kita dapatkan secara gratis dari internet. Hanya saja penggunaan buku text membuat pelajaran lebih terstruktur dan dapat mengikuti tahap demi tahap yang seharusnya.

Bahasa Inggris bagi Rafif adalah bahasa kedua ( ESL = English as Second Language ) sehingga pengajaran bahasa inggris untuk dia tidak sama dengan anak yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibunya. Untuk Rafif bahasa Inggrisnya masih pada penekanan Listening dan Speaking belum sampai tahap Reading ataupun Writing. Setiap harinya saya mengajarkan 1 kalimat baru dalam bahasa Inggris. Saya menggunakan kurikulum dari Genki English. Untuk listeningnya biasanya saya bacakan dari buku-buku dari Reading A to Z ataupun berkunjung ke berbagai perpustakaan digital online. Youtube juga menyediakan banyak sekali lagu ataupun story telling untuk anak. Tahap mengajarkan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua bisa dilihat disini.


Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...