Selasa, 23 Juni 2009

Lapbook - My Transportation

Bagian depan Lapbook

Bagian Dalam Lapbook


Ini lapbook Rafif yang pertama temanya kendaraan. Topik favoritnya Rafif. Lapbook pada dasarnya adalah folder yang terbuat dari karton yang ditempel dengan berbagai hal seperti fakta , gambar, foto, grafik, tulisan, peta atau karya seni berdasarkan satu topik tertentu. Lapbook sangat seusai untuk belajar secara tematik atau unit studi karena dibuat berdasarkan satu topik bukan berdasarkan mata pelajaran.

Untuk lapbook Rafif ini saya mengambil contohnya dari Homeschool Share. Semuanya persis sama. Masih pertama jadi belum kreatif. Masih copy paste aja :)

Untuk foldernya saya tidak membuat dari folder khusus melainkan dari karton manila yang saya gunting dan lipat menjadi forder. Didepannya ada ditempel cover yang bertuliskan judul dan nama pembuat Lapbook. Kemudian cover tersebut digunting ditengahnya agar lapbooknya bisa terbuka. Dibagian dalam ada guntingan ban yang bisa dihitung, mobil dengan warna-warna yang berbeda, Lagu wheel on the bus dibalik gambar sebuah bis, lingkaran yang bisa diputar dimana disetiap putarannya akan memperlihatkan sebuah kendaraan emergency dan huruf b yang digunakankan untuk kendaraan boat, bus and bicycle.


Jadi ketika membuat sebuah lapbook sebenarnya tidak hanya berkaitan dengan membuat karya seni menggunting, melipat ataupun menggambar tapi juga ada pelajaran matematika, bahasa Inggris, sosial bahkan sains.

Dengan lapbook anak bisa melihat lagi fakta penting yang perlu diingat akan sebuah topik dengan cara yang menyenangkan. Mencatat pelajaran juga menjadi hal yang jauh menyenangkan jika dibandingkan dengan hanya menulis fakta-fakta tersebut di buku tulis.

Untuk inspirasi membuat Lapbook bisa dilihat disini :
- Lapbooking
- Homeschool Share
- Always Learning Resources
- milis Islamic Lapbooking at yahoogroups.

1 komentar:

mila mengatakan...

mba...seneng bgt deh buka2 blog mba...hampir smua bisa aku tiru niy :D tfs mba

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...