Kamis, 04 Juni 2009

Menghafal Alquran


Baru satu bulan ini saya menerapkan program menghafal Alquran untuk Rafif. Seharusnya lebih awal lagi sebelum dia berumur 5 tahun. Sekarang agak sedikit terlambat ternyata. Saya terlambat memulai karena ada yg menyarankan agar program hafalan dilakukan ketika anak sudah bisa membaca Alquran atau minimal sudah bisa melafalkan ayat-ayat alquran secara pas.
Tapi ternyata untuk mendidik anak hafal Alquran tidak perlu menunggu anak bisa membaca alquran terlebih dahulu karena mereka bisa mulai menghafalkan dengan cara dibacakan terlebih dahulu ayatnya satu demi satu.


Untuk mendidik Rafif menghafal Alquran saya dibantu oleh Melly seorang ustazah lulusan LIPIA. Melly datang seminggu dua kali kerumah. Selain itu saya juga menggunakan program Imaan Star
yang bisa di download gratis. Imaan Star adalah satu software untuk membantu kita menghafal Alquran yang dilengkapi dengan tulisan alquran yang besar serta bacaan yang jelas dan lambat sehingga membantu anak untuk menyimak bacaannya. Selain itu kita juga bisa mengatur ayat mana yang ingin kita putar serta berapa kali ayat tersebut mau kita ulang.

Walaupun demikian kesulitan tetap saja ada. Secara teori seharusnya anak harus hafal dulu satu ayat sebelum dia maju ke ayat berikutnya. Tapi Rafif ngotot untuk terus maju walaupun dia masih belum hafal ayatnya. Akhirnya saya terpaksa membiarkan dia memilih surat mana yang mau dia hafal tanpa mengikuti urutan seharusnya.
Anak-anak cepat hafal tapi cepat juga lupa sehingga seharusnya surat yang sudah dihafal tetap harus diulang-ulang. Rafif juga terkadang menolak untuk mengulangnya kembali. Sehingga perlu usaha keras untuk membujuknya.
Biasanya saya usahakan ketika sudah ditempat tidur menjelang tidur malam acara mengulang hafalan dilakukan.

Agar Rafif lebih tertarik untuk menghafal saya ajak juga melihat arti dari setiap kaya yang dihafal melalui Alquran terjemahan kata per kata yang di terbitkan oleh Syamil.

Seperti biasa semua yang dipelajari Rafif secara otomatis juga membuat Aisyah belajar. Karena sering mendengar Aisyah secara otomatis juga bisa ikut menghafal walapun dengan bacaan yang masih belum jelas.

Untuk jadwal menghafal Juzamma bisa dilihat disini

4 komentar:

Dina Faoziah mengatakan...

Mbak Dara, makasih informasinya, ya. Saya tulis di blog saya juga tautan dari Mbak Dara ini. Bagus-bagus! Peluk cium buat Rafif dan Aisyah :x Happy homeschooling!

--Dina

Heni PR mengatakan...

Ass. salam kenal.
Alhamdulillah. informasi ini sangat berharga sekali, menginspirasi dan memotivasi sy. mari saling menjadi kontrol positif untuk mendekatkan keluarga kita pada Al Qur'an.

Dara Maina mengatakan...

@ Heni Terima Kasih mbak saya juga masih berusaha keras karena bukan hal yg mudah agar anak mau manghafal sesuatu yang tidak dia mengerti tidak seperti lagu-lagu yang bisa dengan mudah mereka hafal karena mereka mengerti maknanya.

@ Dina Bagaimana kabar Jepang?? Saya punya beberapa teman di Jepang dan saya dengar kegiatan keislamannya sangat banyak yah mbak. Terima Kasih sudah melink ke blog ini

Unknown mengatakan...

Mbak,makasih info nya ya...
Happy homeschooling ^_*

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...