Selasa, 16 Desember 2008

Seminar Pendidikan di Sekolah Alam Cikeas

 

Sabtu 29 November lalu saya sempat datang ke acara Seminar Pendidikan di Sekolah Alam Cikeas. Seminar tersebut menampilkan 3 orang pembicara yaitu Grant Cammis, Dip. T, BEd., MEd (konsultan Pendidikan dari Australia), Lendo Novo ( Konseptor Sekolah Alam) dan Rena Latifa ( Psikolog Pendidikan). Seperti biasa setiap seminar saya pasti membawa Rafif dan Aisyah. Mereka senang sekali karena mereka bisa mencoba berbagai permainan di Sekolah alam selama saya duduk diruangan seminar. Sekolah alam mempunyai area bermain yang luas termasuk peralatan outbound didalamnya.

Berikut garis beberapa poin penting yang saya dapatkan dari 3 pembicara tersebut.



Grant Cammis, Dip. T, BEd., MEd
Mr. Cammis menekankan pentingnya Holistic Education untuk pendidikan anak sejak dini.
Holistic Education adalah suatu proses pendidikan yang mengembangkan semua sisi perkembangan anak. Ada 6 Area yang harus dikembangkan yaitu Akademik, Sosial, Fisik, Emosi, Kreativitas dan Spiritual. Maka ketika ke-6 aspek ini dikembangkan maka manusia akan berfungsi dengan sempurna. Hanya saja Mr. Cammis melihat bahwa sistem sekolah di Indonesia sebagian besar hanya menitikberatkan pada sisi akademis saja dan mengenyampingkan 5 area perkembangan lainnya.

Padahal ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menerapkan Holistic Education, yaitu :
- Akan mangakomodir anak-anak yang kurang dalam bidang akademik
- Mengajarkan life skill
- Mendorong anak untuk bertanggung jawab
- Mengajarkan pendidikan karakter yang akan membantu anak sukses termasuk sukses akademik
- Anak lebih siap menghadapi kehidupan after school.

Selain mengajarkan bahasa, matematika, atau sejarah, sekolah hendaknya juga mengajarkan anak tentang dirinya sendiri, hubungan antar manusia, seni dan kemampuan beradaptasi.

Lendo Novo
Sekolah alam digagas untuk memberikan holistic education untuk anak. Sekolah yang tidak hanya mengajarkan anak akademis belaka, tapi juga berbagai hal yang diperlukan setelah anak lulus sekolah nanti. Sekolah alam diciptakan bukan untuk menjadikan anak menggangur dan binggung setelah sekolah. Sekolah alam akan menjadi sekolah bagi para calon entreupreneur.

Rena Latifa

Ibu Rena banyak berbicara tentang psikologi perkembangan anak. Ada 2 hal penting yang saya catat dari pembahasannya :
1. Hati-hati dengan stimulasi yang berlebihan. Jika anda menginginkan anak anda 'lebih hebat' dibandingkan anak lainnya, maka anda sama dengan menjadikan anak anda 'tidak normal'
2. Fokuskan pada kekutan anak. Orang tua sebaiknya tidak terlalu melihat kelemahan anak tetapi fokuskan pada kelebihan anak dan cari tahu bagaimana mangakomodir kelebihan tersebut.

Posted by Picasa

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tempat : aula perpustakaan Universitas negeri Jakarta
Tanggal : Rabu, 21 januari 2009
Investasi : RP. 100.000
Pembicara : Drs. Ucu Cahyana, M,si (lemlit UNJ)
Contact person : 081510056669
Sekretariat KPM (kelompok Peneliti Muda)

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...