Jumat, 19 Desember 2008

Manfaat Ikut Komunitas Homeschooling

Saat ini saya tergabung dalam komunitas Homeschooling Berkemasnya Bu Yayah Komariah. Saya mendapatkan info adanya komunitas tersebut melalui internet. Awalnya bu Yayah keberatan menerima saya karena Rafif masih berusia 2,5 tahun. Beliau khawatir saya meminta agar Rafif disediakan waktu belajar setiap hari di Berkemas. Saya bilang bukan itu tujuan saya ikut Berkemas karena saya sudah tahu ketika memilih homeschooling maka saya yang akan bertanggung jawab mengelola kegiatan Rafif, bukan menyerahkannya ke komunitas. Saya hanya butuh bertemu para orang tua lain yang juga menjalankan program homeschooling dan mengikuti kegiatan secara kelompok.

Alhamdulillah akhirnya bu Yayah menerima saya menjadi anggota. Karena saya mendapatkan manfaat yang banyak sekali ketika bergabung dalam komunitas. Manfaatnya adalah sebagai berikut :


1. Rafif mendapatkan banyak teman sesama homescholer
2. Saya bertemu dengan para orang tua yang mempunyai pandangan yang sama dengan saya tentang pendidikan.
3. Mendapatkan berbagai pelatihan Parenting yang diadakan komunitas
4. Bisa meminjam berbagai buku tentang homeschooling ataupun buku-buku lain yang ada di komunitas
5. Bisa patungan untuk membeli materi belajar untuk dipakai bersama
6. Berkesempatan mengikuti berbagai field trip yang diadakan oleh Komunitas seperti ke Pabrik, museum, kolam renang dan berbagai tempat menarik lainnya.
7. Mendapatkan bantuan pengurusan ujian Kesetaraan pada waktu ingin mengikuti.

Jadi fungsi komunitas adalah untuk saling berinteraksi dengan sesama homeschooler. Tidak ada jadwal rutin datang ke komunitas yang harus ditepati. Kegiatan akademik tetap dilakukan sendiri masing-masing. Karena jika kegiatan akademikpun dilakukan setiap hari di komunitas sama saja dengan sekolah bukan homeschooling lagi.

Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...