Sabtu, 13 Desember 2008

Belajar Menjadi Pendidik

Ketika mempunyai anak saya memutuskan untuk menghomeschoolingkan diri saya sendiri agar bisa menjadi seorang pendidik. Basic pendidikan saya sebenarnya adalah Akuntansi lulusan dari Fakultas Ekonomi UI. Lulus dari FEUI tahun 2000 saya sempat 3 tahun bekerja di BPPN dan IMQ LKBN ANTARA. Ketika menikah saya berhenti kerja. Dan memutuskan akan mendidik sendiri anak-anak kami kelak. Untuk itu saya harus mempersiapkan diri menjadi orangtua pendidik. Empat tahun yang lalau saya belum mendegar ada sekolah untuk menjadi orang tua. Sekarang saya mendengar ada sekolah untuk menjadi orang tua yaitu Auladi Parenting School.

Saya belajar dari banyak para ahli dan media secara otodidak. Berikut ini saya coba list sumber belajar saya, mungkin bisa menjadi masukan buat para orang tua.

Saya belajar dari TV melalui acara:
- Untukmu Ibu Indonesia ditayangkan TVRI, Jumat pukul 11.00 - 12.00
- Nanny 911 dan Super Nanny ditayangkan Metro TV, Sabtu & Minggu pukul 16.00 - 15.00

Saya belajar dari majalah :
- Parents Guide
- Tabloid Nakita
- Majalah Ummi

Saya belajar dari Seminar Pendidikan yang diadakan :

- Komunitas Homeschooling Berkemas
- Lembaga Manajemen Pendidikan Indonesia
- Tiga Raksa Optima Perkasa

Saya belajar dari buku :
- Tetralogi Andrea Hirata
- Buku-buku Parenting Fauzil Adhim, Asma Nadia, Helvi Tiana Rosa, Teh Ninih
- Toto chan Gadis Jilik di Jendela
- Berbagai buku permainan anak cerdas
- Ibuku Guruku, Marty Layne
- Ensiklopedi Pendidikan Anak Islam
- Tamasya Belajar, Linda Dobson
- Teach Your Own, John Taylor Gatto
- Setiap Anak Cerdas, Thomas Amstrong
- Einsten Tidak Pernah Menghafal

Seperti layaknya homeschooling saya juga bisa belajar kapan saja, dimana saja dan dengan siapa saja. Saya baru akan lulus dan berhenti belajar ketika anak saya sudah mendapatkan tiketnya untuk masuk ke surga.




3 komentar:

MakNyak mengatakan...

Dara...
Gw salut sama lo. Truly dedicated mom. Four thumbs up for you.

Dara Maina mengatakan...

Emang dah kewajiban mi, ketika gue mutusin homeschool anak-anak itu artinya gue musti upgrade diri sendiri juga.

wichaki mengatakan...

subhanallah ibu dara :) saya baru saja menjadi asistan guru di salah satu sekolah preschool international, terus terang saya sangat menyukai anak2, dan dgn pekerjaan baru saya,sy jd banyak tertarik utk mempelajarinya.basic sy menjadi guru sbenarnya masih kurang,tapi saya senang mempelajarinya, insyaallah berguna utk penerus saya kelak ketika sudah menikah dan mempunyai anak. saya senang membaca blog ibu karena membuka mata saya bahwa mendidik anak sejak dini bisa melalui cara apa saja..terus belakar menjadi pendidik dan terus berbagi dengan menulis ya bu :)

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...