Selasa, 16 Desember 2008

Membuat Cat Air Sendiri

 

Rafif dan Aisyah hobi sekali main cat. Awalnya mereka sering saya belikan Cat Poster Washable dari Crayola supaya gampang dibersihkan. Tapi cepat sekali habisnya. Wah harus cari akal nih supaya mereka bisa puas main cat tanpa tergantung sama cat poster dari crayola yang rada mahal dan susah dicari itu. Akhirnya sekarang kita menemukan solusinya yaitu dengan membuat cat air sendiri dari pewarna makanan. Ide ini awalnya dari milis yang dikirimkan Mbak Ines di milis Sekolah Rumah



Cara membuatnya mudah sekali, pewarna atau pasta makanan dicampurkan dengan sedikit air kemudian ditambahkan dengan tepung maizena sesuai dengan tingkat kekentalan yang diinginkan. Biaya membuatnya juga murah sekali. Satu botol pewarna makanan sekitar RP. 3000 dan itu bisa digunakan berkali-kali.

Hanya saja dibandingkan dengan Crayola cat pewarna makanan ini lebih sulit dibersihkan terutama di kain. Jadi tips saya sebaiknya menggunakan celemek atau baju yang sudah jelek ketika melakukan aktivitas. Kelebihannya ini jika dibandingkan Crayola adalah lebih aman untuk anak yang masih suka memasukkan tangan kemulut. Karena bahan-bahannya dari bahan makanan hanya saja jangan lupa memakai air yang sudah dimasak untuk campurannya.

Selain menggunakannya dengan kuas seperti biasa, anak juga bisa memakai cat ini untuk melukis dengan jari ataupun dengan spons yang dibentuk. Hari ini saya punya kentang sudah membusuk dan potongan pangkal sawi putih yang bisa digunakan untuk berkreasi dengan cap. Wah Rafif dan Aisyah girang banget sampai-sampai lantaipun ikut dicap :)

Posting yang terkait dengan tulisan ini:
Melukis dengan air

Posted by Picasa

1 komentar:

buat anak kok coba coba mengatakan...

http://www.broeda.blogspot.com

tu anak pada ngapain ya..

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...