Sabtu, 13 Desember 2008

Membuat Lilin Mainan (Playdough)

Mainan edukatif tidak selalu berarti mahal. Terkadang sesuatu yang bisa mencerdaskan anak bisa kita beli dengan harga murah atau bahkan bisa kita buat sendiri. Lilin MAinan atau Playdough salah satunya. Dengan playdough anak bisa menciptakan berbagai bentuk sesuka hati mereka. Ketika mereka sedang bermain lilin sebenarnya mereka sedang melatih motorik halus mereka yang nantinya akan sangat berguna ketika mereka belajar menulis karena otot tangannya sudah lentur. Mereka bisa juga mengulung lilin menjadi cacing-cacing panjang yang kemudian dibentuk manjadi angka dan abjad.

Lilin mainan bisa dibuat sendiri. Ini resepnya :



Resep Lilin Mainan :

1 cangkir tepung terigu atau maizena
2 sdt krim tartar ( bisa diperoleh di supermarket atau toko bahan kue)
1/2 cangkir garam
2 sdm minyak
1 cangkir air
bermacam-macam pewarna makanan

Cara Membuat:
Campurkan terigu, krim tartar dan garam. Lalu masukkan minyak dan air. Masak selama 3 menit sampai adonan kental. Lalu bagi menjadi beberapa bagian. Masukkan pewarna makanan yang diinginkan pada tiap-tiap bagian.

Libatkan anak- anak pada saat membuat. Ini akan sangat menyenangkan bagi anak-anak.Mereka bisa berpura-pura menjadi koki atau pekerja pabrik. Mereka akan belajar ukuran ketika mengukur bahan ( matematika), kemudian kembali melatih motorik halus ketika menuang bahan agar tidak tumpah (sosial), belajar perubahan suatu zat ketika mereka melihat tepung yang tadinya kering menjadi basah dan lembek kemudian berubah lagi menjadi menggumpal (sains), mereka bisa belajar mencampur warna dan membuat aneka bentuk sesudahnya(seni).

Hanya orang tua perlu menyiapkan kesabaran ketika melihat dapur mereka sedikit berantakan dan berubah menjadi studio seni :)

Tidak ada komentar:

Summer Holiday

Libur telah tiba... Libur telah tiba... Hatiku gembira.... Siapa yang ga gembira kalau lagi liburan, apalagi kalau liburnya selama 11 min...